LATIHAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN ORGANISASI (LKMO) UKM MARCHING BAND GITA WAHANA BHAKTI TAHUN 2022

Halo sobat gwb ! Marching Band Gita Wahana Bhakti punya kabar terbaru nih, sobat gwb udah tahu kan kabar terbarunya apa ? Nah benar, Marching Band Gita Wahana Bhakti telah sukses melaksanakan kegiatan rutin tahunan yaitu LKMO. Nah, daripada penasaran bagaimana keseruan acara LKMO tahun 2022 ini, sobat gwb terus ikuti dan simak artikel berikut ya !.

UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti telah sukses melaksanakan kegiatan LKMO atau Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi pada tanggal 4 Juni 2022. Pada pelaksanaan kegiatan LKMO mengusung tema “New Stars Becoming Future Leader” yang memiliki arti harapan besar bagi anggota baru yang dilambangkan dengan “New Stars” untuk dapat memimpin organisasi menjadi lebih baik lagi kedepannya. LKMO sendiri memiliki pengertian sebagai kegiatan wajib bagi seluruh anggota UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti untuk membentuk sikap kepemimpinan atau leadership serta memberikan pengetahuan untuk mengelola sebuah organisasi. LKMO juga merupakan salah satu syarat untuk pemilihan ketua umum organisasi di kepengurusan selanjutnya yang tercantum dalam ART UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti Pasal 22 tentang Kriteria Ketua Umum. LKMO tahun 2022 ini kembali dilaksanakan secara tatap muka (offline) di Gedung B3 Lantai 2 Universitas Negeri Malang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan himbauan dari Satgas Covid UM yaitu menjaga jarak, memakai masker, menyediakan handsanitizer, dan menyediakan disinfektan.

UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti mengundang pemateri dari perwakilan DPO/Desif yang sudah memiliki berbagai pengalaman berorganisasi dan berkenan membagikan pengalaman tersebut kepada para peserta LKMO Marching Band Gita Wahana Bhakti Tahun 2022. Pemilihan pemateri ini didasarkan dari pengalaman, serta kesesuaian dengan materi yang sudah disusun oleh panitia. Sedangkan materi yang disusun merupakan poin-poin penting yang harus dimiliki oleh seluruh anggota UKM sebagai bekal untuk menjalankan organisasi. Hal tersebut mendasari kegiatan LKMO yang bersifat wajib bagi seluruh anggota UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti. Pada LKMO Tahun 2022 memiliki susunan materi dan pemateri sebagai berikut :

No.Nama PemateriMateri
1.Ahmad Afandi, S.Pd.Leadership
2.Azhar Eka Puji KurniawanTeamwork Buildings
3.Tiara Zikra Afdila AzharKeadministrasian

Materi pertama tentang kepemimpinan atau leadership yang disampaikan oleh Kak Ahmad Afandi, S.Pd., dengan kesimpulan bahwa kepemimpinan adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manager yang menyebabkan orang lain bertindak serta terdapat unsur-unsur penyebab timbulnya kepemimpinan yaitu antara lain adanya orang yang dipengaruhi, adanya orang yang mempengaruhi, dan adanya pengarahan dari yang mempengaruhi. Materi kedua tentang Teamwork Buildings atau membangun kerja sama tim yang disampaikan oleh Kak Azhar Eka Puji K, dengan kesimpulan bahwa teamwork adalah kumpulan orang-orang yang mampu bekerja sama dalam sebuah tim untuk mencapai suatu tujuan tertentu, terdapat beberapa cara membangun kerja sama tim yaitu antara lain punya visi misi yang sama, membangun rasa saling percaya, intensif berkomunikasi, dan lain-lain. Materi ketiga tentang keadminitrasian yang disampaikan oleh Kak Tiara Zikra Afdila A, dengan kesimpulan bahwa keadministrasian adalah kegiatan yang meliputi cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi, keadminitrasian terbagi menjadi 2 macam yaitu pengarsipan (arsip surat masuk dan keluar, notulensi, proposal, dan LPJ) serta surat-menyurat (surat keputusan, surat pernyataan, surat undangan, surat delegasi, dan surat permohonan).

Nah dari penjelasan diatas, bagaimana sobat gwb sudah terbayang keseruan kegiatan LKMO UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti Tahun 2022 ini ? Tentu banyak manfaat yang diperoleh dari  kegiatan LKMO tahun 2022 ini baik bagi panitia, peserta, maupun pemateri. Setelah diadakannya LKMO tahun ini, diharapkan khususnya para peserta bisa mendapatkan ilmu yang berguna serta dapat menerapkan sebaik-baiknya terutama baik organisasi maupun ketika terjun langsung ke masyarakat di masa depan.

GWB SUKSES!!!

Marching Band Gita Wahana Bhakti

Unit Kegiatan Marching Band Gita Wahana Bhakti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *