PERINGATAN HARI ULANG TAHUN UKM MB GITA WAHANA BHAKTI YANG KE-4 TAHUN

UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti pada awalnya berdiri pada tahun 1980 oleh Persatuan Dharma Wanita IKIP Malang, kemudian dilimpahkan kepada UKM Gerakan Pramuka IKIP Malang sehingga diberi nama Drum Band Pramuka IKIP Malang. Pada saat itu sempat vakum untuk beberapa tahun, tetapi kembali aktif pada tahun 1989 dan terdaftar pada Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) dengan nama Drum Band Gita Wahana Bhakti Pramuka IKIP Malang. Oleh karena itu, tanggal 11 Maret 1989 dipilih sebagai hari jadi Drum Band Gita Wahana Bhakti. Setelah melewati sejarah perjalanan yang cukup lama, pada tanggal 26 Februari 2018 Marching Band Gita Wahana Bhakti berdiri menjadi UKM baru di Universitas Negeri Malang, dan pada tanggal 15 Desember 2018 UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti resmi berpisah dari kepengurusan UKM Pramuka menjadi UKM yang mandiri. Oleh karena itu, hari jadi UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti ditetapkan kembali pada 11 Maret 2018.

Pada tanggal 12 Maret 2022 kemarin, UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti telah melaksanakan acara peringatan Hari Ulang Tahun Marching Band Gita Wahana Bhakti yang ke-4 Tahun secara tatap muka (offline) di Gedung B2 Universitas Negeri Malang. Meskipun dilaksanakan secara tatap muka semua yang hadir tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat. Acara perayaan kali ini mengambil tema earth tone dimana perwakilan DPO/Desif, semua pengurus, cadet dan player yang hadir, datang dengan memakai dresscode berwarna serba earth tone.

Acara dimulai dengan membaca basmalah bersama-sama sebagai pembukaan, kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan dari Ketua Umum UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti periode 2022 dan perwakilan dari DPO/Desif. Acara yang ketiga pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti sebagai simbolisasi  tasyakuran peringatan Hari Ulang Tahun UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti. Acara yang keempat yaitu makan-makan bersama dan diiringi dengan penampilan akustik dari perwakilan player. Acara yang kelima yaitu dilanjutkan dengan games dimana para player dibagi menjadi 4 kelompok terlebih dahulu dan games yang dilakukan terdiri dari dua macam games yaitu Comunication Skills dan Whisper Challange.

Comunication Skills dimainkan per kelompok dengan cara para anggota kelompok berbaris dan orang pertama harus memperagakan kata yang diberikan oleh juri tanpa mengatakan sepatah kata apapun begitu juga orang kedua dan seterusnya sampai orang yang terakhir pada baris kelompok tersebut bisa menebak dengan benar kata apa yang diberikan oleh juri, kelompok yang berhasil mengumpulkan kata-kata dengan benar dan paling banyak akan menjadi pemenangnya.

Whisper Challenge dimainkan secara berkelompok tetapi bedanya pada Whisper Challenge para anggota memakai headset/headphone dengan mendengarkan musik yang cukup keras dan orang pertama harus menyampaikan kata yang diberikan juri kepada orang kedua tanpa melakukan gerakan sedikitpun begitu juga seterusnya sampai orang yang terakhir pada baris kelompok tersebut dapat menebak dengan benar kata apa yang diberikan oleh juri, kelompok yang berhasil menebak kata dengan benar dan paling banyak juga akan menjadi pemenangnya. Kedua games tersebut dimainkan dengan tujuan untuk melatih skills komunikasi, kekompakan, dan chemistry antar player, DPO/Desif, dan cadet agar semakin rukun dan solid dalam mengembangkan UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti. Acara yang terakhir yaitu penutupan dengan melakukan foto bersama para perwakilan DPO/Desif, semua pengurus, player, dan cadet.

Pada umur yang ke-4 Tahun ini keluarga UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti berharap semoga UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti semakin di depan, semakin jaya, semakin sukses selalu. Selain itu, semoga para playernya semakin jago sehingga kedepannya semakin banyak prestasi yang dapat dicapai baik ditingkat nasional maupun internasional. Semoga kedepannya keluarga UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti semakin banyak, semakin kompak, dan chemistry-nya semakin kuat, serta semoga segala cita-cita dan harapan UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti tahun ini dapat tercapai. Aamiin Aamiin Aamiin…

GWB SUKSES!

Marching Band Gita Wahana Bhakti

Unit Kegiatan Marching Band Gita Wahana Bhakti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *