Diklat 2 UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti Universitas Negeri Malang

Istilah diklat merupakan singkatan dari pendidikan dan pelatihan. Bisa dikatakan dua kata ini telah menyatu dan membentuk satu pengertian. Istilah diklat ini banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan dan manajemen.

Menurut H.A.R. Tilaar (2008: 16), dalam pengertian populer istilah pendidikan dan pelatihan dibedakan. Pelatihan mengasumsikan adanya dasar pendidikan formal. Pelatihan mempunyai konotasi menguasai 23 keterampilan-keterampilan tertentu baik keterampilan fisik maupun mental akademik yang diperlukan dalam profesi tertentu. Pelatihan, dengan demikian dikaitkan dengan dunia kerja dan produktifitas. Pendidikan sebaliknya mempunyai orientasi kepada pengembangan pribadi seseorang.

Diklat UKM Marching Band ini terdapat dua sesi, yaitu yang pertama adalah diklat ruang dan yang kedua adalah diklat alam. Pelaksanaan diklat ini diadakan di dua tempat yang berbeda pula sesuai dengan namanya. Pada saat diklat ruang dilaksanakan dalam ruang yang bertempat didalam kampus Universitas Negeri Malang, sedangkan untuk diklat alam sendiri pihak UKM memilih tempat di POLTEKAD. diklat ini sendiri diwajibkan bagi calon anggota baru sebagai program tahunan UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti. (14 & 21/22 September 2019)

Diadakannya diklat baik diklat alam maupun diklat ruang adalah sebagai pengenalan karena setiap orang baru atau bisa disebut anggota baru harus mengetahui sedikit atau paling tidak dasar dari UKM, tidak hanya dalam UKM marching band saja, melainkan di semua UKM  diadakan diklat agar para anggota baru kelak mampu menyesuaikan diri dengan baik dilingkungan barunya dan agar tidak kaget dengan kehidupan baru yang dia masuki.

Tujuan dari diklat sendiri ada beberapa hal, diantaranya:

  1. Sebagai waktu pengenalan mengenai sedikit kehidupan UKM
  2. Sebagai waktu pengenalan antar sesama anggota, baik anggota baru dengan anggota maupun anggota baru dengan anggota senior atau dengan pengurus.
  3. Melatih mental untuk persiapan kehidupan UKM kedepannya.
  4. Sebagai saat yang tepat untuk melatih kedisplinan
  5. Sebagai saat yang tepat untuk melatih ketahanan
  6. Sebagai saat yang tepat untuk belajar mengenai sedikit materi tentang dunia marching band secara mendasar.

Dilaksanakannya diklat ini diharapkan para anggota baru dapat memiliki sikap untuk kedepannya,  adalah sebagai berikut :

  1. Menambah rasa kekeluargaan antar sesama anggota
  2. Menjalin keakraban antar sesama anggota
  3. Dapat memiliki dan menerapkan sikap disiplin seusai mengikuti diklat
  4. Dapat melatih ketahanan fisik
  5. Dapat melatih mental anggota
  6. Dapat mengambil pelajaran mengenai sedikit materi dasar mengenai dunia marching band

Rujukan

Syaikhul Alim, Muhamad. Pengaruh Kualifikasi Pendidikan, Keikutsertaan Diklat dan Sikap pada Profesi terhadap Kompetensi Guru PAI SD di Kabupaten Pekalongan. Diss. IAIN Walisongo, 2010.

nike shox mens australia women soccer players – White – DA8301 – 101 – Nike Air Force 1 ’07 LX Women’s Shoe | Air Jordan Sneakers

Marching Band Gita Wahana Bhakti

Unit Kegiatan Marching Band Gita Wahana Bhakti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *