Cadet show merupakan sebuah event dalam rangka memperkenalkan cadet ke publik  lewat sebuah pertunjukan sederhana ala cadet. Program ini dilaksanakan pada 30 November 2019

Cadet adalah program kaderisasi berupa latihan dasar mengenai musik, menari, PBB, dan hal lainnya kepada calon anggota baru. Selain teknis tersebut,  para calon anggota baru juga akan diperkenalkan tentang tradisi, budaya, dan kehidupan sosial yang ada di lingkungan Marching Band Gita Wahana Bhakti.

Sebelumnya para cadet telah mengikuti program diklat ruang dan diklat alam untuk menambah pengetahuan para cadet mengenai lingkungan marching sekaligus agar cadet dapat berbaur dengan sesama anggota maupun pengurus, agar mampu sama sama merasakan kebersamaan.  Program diklat telah berhasil dilaksanakan selama dua tahun masa pembentukan UKM Marching Band Gita Wahana Bhakti UM. Namun, untuk pelaksanaan event cadet show ini adalah tahun pertama pelaksanaan. Walaupun baru pertama kali dilaksanakan tidaklah menjadi kendala, justru pada tahun pertama pelaksanaannya menuai sukses besar. Para cadet mampu menampilkan dengan apik, mulai dari teknik-teknik jalan, teknik meniup, memukul dan menerapkan  BL (Body Language),  ekspresi, penghayatan. Kesemuannya dilakukan dengan baik dan maksimal sehingga mampu membawakan dengan apik dan menarik.

Acara cadet show ini mengusung  tema “Reinkarnasi Ibu Pertiwi”  yang mana didalamnya bercerita mengenai keresahan dan tanda-tanda keruntuhan Indonesia. Pengambilan tema tersebut didasari pada keadaan Indonesia yang sedang kacau balau, ricuh demo dimana-mana, bencana alam, keruwetan sistem pemerintahan dan masih banyak lagi. Inilah yang melandasi tercetusnya ide pengambilan tema tersebut.   Pada penampilan full band ini memiliki alur maju, dimana pada awal fokus menonjolkan keresahan , kegalauan dan kacau balaunya Indonesia pada saat itu, kemudian seiring berjalannya waktu hal tersebut mampu diatasi dengan baik melalui kerja keras pemerintah dalam mengupayakan kemajuan Indonesia.

Pentas cadet show ini membawakan sebanyak dua movement yang sejalan dengan tema yang diusung.  Pada movement satu membawakan lagu ibu pertiwi yang bernuansa tentang kegalauan dan keresahan yang sedang dipikul Indonesia disaat kondisi terpuruk dan berantakan.  Pada lagu ini berkisah mengenai ibu pertiwi (biasa digunakan untuk menyebut tanah air/negara) yang dilanda kesusahan, sedang tenggelam dalam rintih laranya. Begitu banyak beban dipikul, begitu banyak penghiyanatan dalam selimut pemerintahan, kekuasaan dan janji-janji manis tiada berujung.

Proses persiapan menuju cadet show sendiri membutuhkan waktu kurang lebih selama dua bulan. Latihan ini dilaksanakan dua hingga tiga kali dalam seminggu  dengan ditambah pengadaan TC (Trainning Camp) yang dilaksanakan setiap hari sabtu dan minggu.  Latihan reguler dilaksanakan pada pukul  18.15-22.00 setiap hari senin, kamis dan apabila dimungkinkan juga dilaksanakan pada hari rabu atau jumat. Para cadet mengikuti latihan reguler dan TC dengan semangat dan ceria berbaur bersama seluruh anggota Marching Band Gita Wahana Bhakti di arena latihan bersama.

Selama proses latihan, sistem latihan yang digunakan yaitu latihan per section dengan  di pimpin oleh section leader (SL) masing-masing. Latihannya terkait dengan gripping, teknik baca not, dan sikap siap yang baik dan benar dalam marching band. Hanya terkait dasar-dasar dulu yang diperkuat.

Program cadet show ini di desain untuk sedikit menyiapkan para cadet kepada arena lomba ataupun kehidupan di lingkup marching band. Hal ini tergambar melalui sistem latihan maupun peraturan yang diterapkan selama mempersiapkan program cadet show ini. Butuh kedisiplinan yang terutama untuk mengikuti setiap latihan pada persiapan program cadet show ini, selain itu perlu juga adanya sikap kesabaran, kecerdasan, dan bekerja keras maupun kerja cerdas sehingga mampu melewati masa-masa persiapan dan mengikuti pentas cadet show dengan apik.

Setelah program event cadet show ini berakhir di harapkan seluruh cadet yang turut serta berpartisipasi dapat mengambil banyak manfaat maupun pembelajaran yang berharga untuk persiapan mental maupun ilmu dalam menghadapi dunia di lingkup marching band, baik lomba maupun non lomba, baik selama latihan maupun kegiatan lainnya. Dikarenakan kehidupan dalam lingkup marching band cukup membutuhkan fisik yang kuat, sehat dan kesiapan mental serta ketahanan. Sebab, perjalanan cadet pada unit marching band Gita Wahana Bhakti tidak hanya berhenti sampai sini saja, melainkan perjalanannya masih panjang dan memakan banyak waktu untuk mempersiapkannya.

Nantikan keseruan event-event dari unitMarching Band Gita Wahana Bhakti kedepannya ya.

001 – DC4091 – NikesneakersShops , nike air chromeposite for sale california cheap – Jordan Jordan 1 Mid MMD (Black) | Ietp , New Balance 327 Moonbeam Leopard , men air max jordan 13 , undefined , Where To Buy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *