Selain teknik bermain alat, dalam Marching Band/Drumband terdapat salah satu hal yang juga penting yaitu perawatan alat itu sendiri. Dimana alat musik tersebut memerlukan perawatan sebaik mungkin, agar tahan lama dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, alat musik ini juga merupakan salah satu investasi jangka panjang karena selalu digunakan secara berkala dari waktu ke waktu. Dilihat dari segi harga per alatnya yang lumayan mahal, juga merupakan salh satu alasan kenapa alat tersebut harus selalu dirawat dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dibagikan  mengenai cara merawat alat agar tahan lama:

  1. Simpan dalam keadaan kering

Semua perlengkapan marching sangat rentan dengan air. Salah satu cara merawat perlengkapan marching adalah dengan menyimpannya dalam ruangan yang kering atau dalam suhu ruang agar alat tetap kering. Jika di simpan dalam keadaan basah atau dalam ruangan yang lembab maka akan membuat timbulnya jamur.

Terutama di bagian alat yang mempunyai lubang. Seperti Instrumen Brass. Setelah di gunakan lebih baik untuk selalu mengeringkanya terlebih dahulu. Bisa di keringkan dengan kain kering atau di angin-anginkan sebentar.

2. Simpan di tempat tinggi

Selain disimpan di tempat yang kering, salah satu tips merawat alat marching lain adalah dengan menyimpannya di tempat yang tinggi. Dengan kata lain, jangan sampai peralatan marching tersebut bersentuhan langsung dengan lantai. Dikarenakan lantai biasanya mempunyai kelembaban yang tinggi. Jika peralatan marching diletakan di lantai, maka kemungkinan akan meningkatkan kelembabanya dan bisa membuat basah alat tersebut.

Jika sudah basah akan lebih mudah terkena jamur. Oleh karena itu simpan perlengkapan drumban di tempat yang tinggi. Kalau perlu letakkan di dalam lemari yang kering. Ini akan membuat perlengkapan marching lebih awet dan tahan lama.

3. Lakukan steam secara rutin

Salah satu cara supaya peralatan musik dapat tahan lama adalah dengan melakukan steam secara rutin. Hampir semua jenis alat musik harus dilakukan steam. Ada beberapa jenis perlengkapan marching yang mempunyai kulit membrane. Dimana kulit membrane tersebut harus selalu kencang. Untuk alat musik tiup, harus selalu dicek kebersihan bagian dalamnya dan dicek suara yang keluar.

Tujuan dalam menjaga kekecangan membrane, agar membuat suara yang keluar tetap terjaga dan mencegah sobek pada membaran. Oleh karena itu, alat tersebut harus selalu di steam secara berkala. Terutama jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

4. Jangan lupa selalu dibersihkan

Selain di simpan di tempat kering, semua alat juga harus dibersihkan secara rutin. Jika dibersihkan secara rutin, akan menghilangkan semua debu yang menempel, membersihkan air dan masih banyak lainnya. Untuk cara membersihkannya pun tergolong mudah.

Untuk terompet, disiapkan air hangat suam kuku dan sabun. Bersihkan bagian dalam terompet dengan kain bersih. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena dapat merusak bagian cat penutup pernis terompet. Alat musik yang memiliki banyak bagian, di lepas satu persatu secara hati-hati. Bersihkan semua bagian secara detail. Jika membersihkan dengan air, jangan lupa untuk selalu memastikan semua alat dalam keadaan kering.

Untuk pembersihan alat tersebut ± 1 minggu sekali. Terutama setelah digunakan. Untuk perawatan setiap hari, cukup membersihkan debu dengan menggunakan kain kering. Perawatan alat marching secara rutin dapat membuat semua peralatan marching tetap tahan lama.

FW0663 – adidas samba ireland live score last night – adidas Futurenatural Shoes Vivid Red Mens | 113 – Ietp – Air Jordan 1 Mid Black White 554724 – nike sidewinder 2 acg boots with kids girls

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *